Jumat, 24 Mei 2013

SEJARAH KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA

PENDAHULUAN
Di tahun 1980 masih banyak diantara kita di Indonesia yang belum melek komputer, sehingga pada saat itu kita sudah sangat bangga jika menggunakan mesin tik elektronik. Tahun 1987, kita mulai mengenal komputer ber-prosesor 286, dimana untuk menghidupkannya masih menggunakan disket DOS.
Selain itu sistem operasi pada saat itu msih belum open system, sehingga sistem PC tidak dapat berkomunikasi dengan sistem lainnya yaitu Mac.Untuk mengirimkan files kepada seseorang yang berlainan kota, kita masih membutuhkan jasa pos atau kurir. Tahun 1990, orang Indonesia dengan bangganya menenteng organizer elektronis bermemori 2 MB untuk dapat disebut melek teknologi.
Saat ini teknologi komputer sudah berkembang demikian pesatnya . Di pasaran komputer kini telah sampai ke teknologi komputer berprosesor Pentium IV dengan kecepatan sampai 2 Gz dan memori 1.5 GB.
Orang juga dapat dengan mudah berkomunikasi dan bertukar informasi walau pun sistem operasi komputernya berbeda, karena kini sistem operasi sudah open system.
Untuk mengirimkan file, semudah mengklik sebuah program. Fungsi kantor pos untuk berkirim surat mulai berkurang peranannya.
Kini tempat organizer elektronik digantikan oleh PDA (Personnel Digital Assistenat), atau Pocket PC dengan memori sampai 64 MB dan sistem operasi PalmOS atau Windows Pockect PC 2002, yang diluncurkan October 2001 lalu. Dengan kehadiran PDA mobilitas orang kini tidak lagi menjadi halangan untuk berkomunikasi dan mengakses informasi di internet, mau pun melakukan aktivitas seperti mengetik atau membuat perhitungan dengan spread sheet.



BAB I

PENGERTIAN
    Apakah anda pernah mendapat pertanyaan yang berkisar tentang apakah komputer itu? Coba anda renungkan dan mencoba untuk menjawabnya dan jangan kaget bila pertanyaan tersebut sulit untuk di jawab. Istilah komputer mempunyai istilah yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Istilah komputer (computer) di ambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to computate atau reckon).
Berikuft ini di berikan beberapa definisi tentang komputer yang disajikan oleh bebera komputer.
Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer):
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
    Menerima input
    Memproses input tadi sesuai dengan programnya
    Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengelolahan
    Menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut buku computer Today (Donald H. Sanders):
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta di rancang dan di organisasikan  supaya secara otomatis  menerima dan menyimpan data input, memprosenya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-intruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut komputer computer Organization (V.C. Hamacher. Z.G V Vranesic. S.G Zaky):
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital. memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program).
Dan menghasilkan output informasi.
Menurut buku introductioin To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori)  :
Komputer adalah suatu pemproses data (data processor) yang dapat melakukan penhitungan yang besar dan cepat. Termasuk penghitungan arithmatika yang besar atau operasi logika.
Menurut buku introductioin To The Computers (Gordon)
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu  yang pasti .
Pengertian Internet itu sendiri sangat luas. Istilah internet di dapat dari singkatan interconnected computer networks yang bisa di artikan sebagai jaringan komputer tanpa batas yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya di seluruh penjuru dunia. Hadirnya internet sangat membantu kita dalam mencari sebuah informasi secara cepat dan tanpa terbatas waktu.
Internet Hadir untuk memberikan kemudahan pada manusia dalam menjelajah dunia dan mencari informasi secara cepat. Istilah ini biasa disebut dengan Browsing atau surfing. Biasanya halaman suatu website dibuat dengan bahasa program HTML (Hypertext Markup Languange) untuk menampilkan informasi. Seiring perkembangan jaman, kini tampilan website lebih bervariasi. Tidak hanya tulisan saja yang bisa di tampilkan dalam halaman web, tetapi sekarang sudah bisa untuk Gambar, Video bahkan Flash .
BAB II

SEJARAH KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA
     SEJARAH KOMPUTER
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input  sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolaannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer itu terbagi dalam 5 generasi
    Komputer generasi pertama (1946-1957)
pada saat terjadi perang dunia pertama negara negara maju mencoba mengembangkan suatu alat yang dapat mempermudah misi/tugas mereka yang mereka sebut KOMPUTER hal ini mengakibatkan meningkatkan pendanaan pada bidang ini, pada tahun 1941 "konrad zuse" seorang insinyur jerman membangun sebuah komputer yang bernama Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali jarak jauh.
pihak inggris juga tidak mau ketinggalan dalam ajang pertempuran di bidang tekhnologi dan mereka membuat sebuah komputer yang dapat memecah kode rahasia pada komputer jerman, yang dinamakan "colossus", dampak dari pembuatan komputer "colossus" ini tidak berdampak besar pada industri komputer dunia karena dua alasan :
1.    "colossus" bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), penciptaannya hanya untuk memecahkan kode rahasia
2.    komputer ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang terakhir
di pihak amerika mengembangkan sebuah komputer yang disebut "mark1" yang dibuat oleh seorang insinyur harvar yang bekerja di IBM "howard h. aiken", dengan panjang komputer tsb setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel 500mil.
mark1 merupakan komputer relay elektronik yang menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. dan hanya dapat memproses setiap perhitungan dalam waktu 3-5 detik dan tidak flexibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).

1946 Dan inilah komputer serbaguna pertama yang di ciptakan (ENIAC) dibuat dengan kerjasama antara pemerintah amerika serikat "angkatan darat USA" dengan university of pennsylvania.dan dirancang oleh john presper eckert pada tahun 17 mei 1943 sebagai proyek PX dan dibangun di "moore school of electrical enginering"  sejak pertengahan 1944 dan dioperasikan secara resmi sejak februari 1946 menelan biaya sebesar $500.000 kemudian dimatikan 9 november 1946 untuk meningkatkan memorinya komputer dandi operasikan kembali pada tanggal 29 juli 1947 hingga pukul 23:45 pada 2 oktober 1955.dengan catatan ENIAC bukan komputer tercanggih di eranya. itu karena (Z3 dan mark1) dapat menjalankan programnya dari sebuah kaset dan eniac melakukan perhitungan berdasarkan desimal bukan biner.
Spesifikasi ENIAC:
•    17.468 tabung vacum
•    70.000 resistor
•    7200 dioda kristal
•    1500 pemancar
•    10.000 capasitor
•    dan 5 juta titik solder
•    dan mengonsumsi daya yang sangat besar 160kw.
•    dan berat 27 ton
1947. Harvard Mark II
1948.   Ibm Selective Sequence Electronic Calculator
 1949.  Komputer Yang Sepenuhnya Stored-Program Yang Pertama EDSAC (Electronic     Ddelayed storage Automatic)
 1949.  Harvard Mark III
 1950.   Komputer Digital Elektronik Ukuran Besar Di Inggris Yang Pertama ACE (Automatic Calculating Engine)
 1950.  SEC (Simple Electronic Computer)
 1951.  Komputer Komersial Di Inggris Yang Pertama LEO (Lyon Electronic Office)
1951.  Komputer Yang Menggunakan Pita Magnetik Yang Pertama  UNIVAC (Universal   Automatic Computer)
1952.   Komputer Yang Sepenuhnya Stored-Program Di Amerika Yang Pertama EDVAC  (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
1952.   Komputer Yang Menggunakan Core Memory Yang Pertama Whirlwind I
1953.   IBM 701
1954.   Komputer Komersial Generasi Pertama Paling Populer IBM 605
1956.   Komputer Yang Menggunakan Simpanan Luar Dengan Akses Ssecara Radom Yang Pertama RAMAC (Radom Access Methods For Accounting and Control)
1957.   IBM 705
    komputer generasi kedua
komputer generasi kedua ini di buat pada waktu penemuan transistor pada tahun 1948 yang merupakan penemuan terbesar sepanjang masa, transistor di buat untuk menggantikan tabung vacum yang memakan daya yang sangat besar dan panas.akibat penemuan transistor ini membuat perangkat elektronika menjadi lebih kecil dan efisien.
komputer pertama kali menggunakan transistor pada tahun 1956 dan penemuan lain pada waktu itu adalah memori yang terbuat dari inti magnetik menyumbang untuk pembangunan komputer generasi kedua ini yang membuat komputer ini lebih kecil dan efisien.
IBM membangun super komputer bernama STRETCH dan SPERY RAND membuat komputer bernama LARC kedua komputer ini sangat mahal sehingga membatasi kepopulerannya Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
komputer generasi kedua ini menggunakan bahasa assembly untuk menggantikan bahasa mesin yang ada pada waktu itu.

baru pada tahun 1960 an baru bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, pemerintahan dan university.
contoh komputer generasi kedua yang diterima di kalangan industri pada tahun 1945 yaitu : komputer IBM 1401 

Di tahun 1970-an, saat mikroprosesor sudah matang teknologinya, komputer mulai menjadi personal. Semuanya tidak bisa dilepaskan dari perang Steven Wozniak dan Steven Jobs yang merupakan pendiri Apple Computer. Keduanya dianggap sebagai pencipta PC yang sukses di pasarkan secara masal, Apple I, yang kemudian diikuti dengan versi berikutnya Apple II.
komputer generasi kedua ini memiliki flexibelitas yang tinggi dan harga yang lebih murah dan komputer ini sudah dapat mencetak document-document dan mencatat daftar gaji dan faktur pembelian konsumen. dan bahasa pemprograman yang mulai bermunculan pada waktu itu seperti COBOL dan FORTRAN mulai umum digunakan .
    komputer generasi ketiga
komputer generasi ketiga ini sudah menggunakan IC yang menggantikan transistor yang cepat panas dan berpotensi dapat merusak komponen lainnya. seorang insinyur di texas instrument "jack killby" pada tahun 1958 mengembangkan sebuah komponen yang terbuat dari pasir kuarsa "IC" dan para ilmuwan berhasil memasukkan lebih bayak komponen ke dalam satu chip yang disebut semiconduktor hasilnya komponen menjadi semakin kecil dan kemajuan yang tidak kalah penting pada komputer generasi ketiga ini adalah telah dibenamkannya sistem operasi kedalam komputer tersebut. yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program dalam waktu bersamaan dan memonitor kinerja komputer.
    komputer generasi kelima
setelah penemuan ic membuat komputer semakin efisien dan lebih kecil dan hemat daya dan para ilmuwan mengembangkannya hingga menjadi lebih kecil
1.    large scale integration (LSI) memuat komponen dalam jumlah ratusan
2.    ultra large scale integration (ULSI) memuat komponen dalam jumlah jutaan
perkembangan ic yang sangat pesat ini membuat harganya lebih murah dan perubahan ukuran komputer menjadi kecil dan meningkatnya kinerja komputer tersebut
pada tahun 1971 intel mengeluarkan processor 4004 membawa kemajuan pada IC degan meletakkan semua komponen dalam sebuah IC/CHIP dan tak lama kemudian alat-alat rumah tangga juga menggunakan IC spt microwave, televisidan oven dilengkapi dengan microprocessor.
dan pada tahun 1970 produsen komputer menawarkan produknya kekomsumen dan tidak lagi di dominasi oleh perusahaan dan pemerintah. pada tahun 1980 an video game seperti atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat di program.

pada tahun 1981 IBM memperkenalkan personal komputer (PC) untuk rumahan dan pekantoran. IBM bersaing dengan APPLE untuk memperubutkan pasar konsumen, IBM kalah oleh pesaingnya di karenakan APPLE sudah menggunakan grafish sedangkan IBM masih menggunakan teks.

pentium1, pentium2. pentium3 dan pentium 4 dan AMD athlon dsb itu masuk ke dalam komputer generasi ke empat.

komputer generasi kelima
komputer generasi kelima ini merupakan komputer yang memilki processor yang dapat memproses triliunan operasi per detik dengan tekhnologi nano yang sudah diterapkan pada komputer generasi kelima sebagai contohnya: intel corei3, corei5, corei7 dan masih banyak yang lain.
komputer generasi kelima ini juga sudah dapat mengenali suara dan berinteraksi dengan penggunanya dan memiliki memori yang sangat besar .

     SEJARAH INTERNET
Salah satu pokok penunjang revolusi digital adalah internet, bahkan internet saat ini diakui sebagai teknologi yang memiliki pengaruh paling signifikan yang ditemukan manusia diakhir abad ke-20. fitur internet yang membuatnya sangat diperlukan dewasa ini adalah kemampuanya untuk menghubungkan seluruh jaringan yang ada di dunia secara murah (dari segi ekonomis) dan universal .
Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.

Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.

Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
BAB III

PROGRAM-PROGRAM KOMPUTER DAN FUNGSINYA
    WinAmp adalah sebuah freeware gratis yang mempunyai fungsi dasar untuk memutar musik dan video.
    ACDSee adalah perangkat lunak image viewer shareware untuk Windows yang dikembangkan oleh ACD Systems. Selain fungsi thumbnail dan konversi jenis file, ACDSee juga memiliki fungsi slideshow presentation, CD/DVD burning, HTML gallery creation, image folder syncing dan editing/indexing of image metadata seperti Exif. Selain itu manipulasi gambar sederhana juga dapat dilakukan, misalnya cropping, scaling dan rotating. Hanya saja sekarang belum ada yang membuat cd tutorialnya versi bahasa indonesia dan di edarkan agar cara mempelajari

    K-Lite Mega Codec Pack merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk encoding dan decoding berbagai file multimedia agar dapat dijalankan dengan baik.
    Adobe Photoshop CS2 adalah cara yang ampuh program perangkat lunak pengedit foto.
    Fungsi Explorer sebagai sarana untuk menuju suatu tempat, misalnya folder, direktori, file atau aplikasi dengan cepat, singkat dan tepat. Selain itu Explorer ini dapat digunakan sebagai fasilitas untuk mengatur folder, file dan sebagainya.
    Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS .

    DFX for Winamp
Adalah Software untuk meningkatkan kualitas Audio dan bisa dipadukan dengan Winamp
    Download Accelerator Premium v8.0.7.0
Merupakan Software untuk meningkatkan kecepatan proses download, sangat direkomendasikan jika anda sering melakukan download apalagi file yang anda download kapasitasnya besar.
    Firefox
Software untuk browser internet, software ini dalam update versinya sangat cepat, silahkan kunjungi situsnya
    Folder Clean
Merupakan Software untuk membersihkan file-file sesuai dengan yang Anda tentukan
    Folder Lock
Adalah Software untuk mengunci folder (misalnya folder Anda berisi file-file private/rahasia)
    HTTrack Website Copier
Software untuk mengkopi website sehingga Anda bisa membacanya scr offline
    Internet Explorer
Browser internet, silahkan cek lagi release terbarunya di situs resmi microsoft
    IObit SmartDefrag
Merupakan Software untuk mendefrag komputer sehingga komputer berkinerja lebih cepat dan stabil
    J2SE Runtime Environment
Software java, untuk update terbaru silahkan kunjungi situsnya
    Kamus_1.02
kamus digital indonesia – inggris, sangat cocok bagi anda yang ingin mendalami penguasaan bahasa.
    Macromedia Flash Player
Software flash player/pemutar file-file flash
    Nero Burning ROM
Software nero untuk Proses Burning ke cd atau dvd
    Open Office
Software Office open source seperti Ms. Office word, excel, pawerpoint. buktikan kelebihannya tidak kalah kok dengan ms. Office yang berbayar
    Quick Media Converter
Converter Audio File, hampir seluruh tipe file-file audio
    Quick Time
Software pemutar file-file Quicktime (file berlogo huruf Q)
    Sonic Foundry Sound Force
Software untuk pengeditan file-file audio,Software digital audio editor
    TuneUp Utilities
Software untuk Men-tune up komputer Anda, Komputer bekerja jauh lebih cepat, untuk update versi terbaru kunjungi situs resminya
    Winamp Surround Edition
Winamp edisi Surround, medengarkan musik lebih mantap.
    Windows Essentials Codec Pack 1.0
Player File-file Audio, jauh lebh ringan dr power DVD, dan windows media player
    Windows Live Messenger
Software live messenger.
    WinRAR
             Software pembuatan Archive winrar
    WinXP.Activation.English
Software untuk mengaktivasi windows Xp
    PowerDVD
Software pemutar video lama namun lebih ringan dan mudah digunakan



DAFTAR PUSTAKA

Hartono Jogiyanto, MBA, Ph.d. (Dosen Tetap UGM), Pengenalan komputer, Andi.
Zaki Ali, E-LIFE STYLE Memanfaatkan Perangkat Teknologi Digital, Salemba Infotek.

www.rofingi.com › education oleh rofingi corby
       
ikhwanulfikri001.blogspot.com/.../sejarah-komputer.html
ageboy.blogspot.com › Pengetahuan Internet › Sejarh.
nhureis.wordpress.com/tugas/kumpulan.../fungsi-program-komputer/
www.informasipasti.com/25-jenis-software-dan-fungsinya-bagian-1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar